Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STAI-MU Pamekasan menggelar Seminar Internasional, Kamis pagi (26/09/2019), di Balai Tamu Lantai II Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen, Pamekasan.

Kegiatan bertema “Urgensi Bahasa Arab dan Teknologi Dalam Mendalami Ilmu Syariah yang Sah” itu mendatangkan Syekh Samir al-Khauli, Guru Besar Global University Lebanon.

KH. Ghufron Zainal Abidin Sadawi, Lc., M.Pd. selaku Ketua Prodi PBA mengatakan, seminar yang diinisiasinya bertujuan mengajak mahasiswa di Prodi tersebut supaya mencintai Bahasa Arab serta memahami metode-metode pembelajarannya.

“Sehingga ke depannya mahasiswa bukan hanya tertarik kepada PBA, bukan hanya sebatas ingin ijazah dan sebagainya, tetapi mencintai PBA sebagai media dakwah dan media untuk mendalami ilmu syariah dan akidah. Karena tanpa mendalami Bahasa Arab, akan tenggelam ke dalam jurang kesesatan dalam memahami agama. Karena mahasiswa tidak akan belajar Bahasa Arab dan memahami teks-teks Arab sesuai konteksnya yang benar,” jelasnya seusai acara.

Ra Ghufron, sapaan akrabnya, berharap besar, kegiatan tersebut dapat dapat menanamkan kecintaan terhadap Bahasa Arab bagi para hadirin, dan bagi calon mahasiswa bisa memiliki keinginan masuk ke Prodi PBA.

“PBA juga bisa kerja sama dengan Syahamah (Syabab Ahlussunnah wal Jamaah. Red.) supaya memberikan beasiswa kepada mahasiswa supaya bisa belajar Bahasa Arab ke Universitas Global, Berut Lebanon. Sedangkan syarat untuk medapatkan beasiswa tersebut harus pintar Bahasa Arab dan ilmu akidahnya, dan kita juga bisa mengadakan seminar-seminar naional dan internasional dengan pemateri yang berbeda,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh mahasiswa Prodi PBA, dan dihadiri oleh jajaran pimpinan, staf, karyawan dan beberapa dosen STAI-MU. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *