Berita

Penelitian Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Dosen PAI

Tridharma perguruan tinggi merupakan salah satu acuan agar seorang dosen tetap menjadi pendidik yang profesional, dan salah satu pengembangannya adalah bidang penelitian. Oleh karena itu Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI mengadakan penelitian untuk meningkatkan kualitas keilmuan seorang Dosen, meski tujuan utamanya adalah mencari dan mengumpulkan data sehingga menjadi sebuah disiplin ilmu yang bisa kita pelajari bersama. Namun selain itu, penelitian ini akan mendorong dosen yang terlibat untuk terus belajar sesuai dengan judul yang akan diteliti.

Menjadi suatu kebanggaan bagi STAI Miftahul Ulum Pamekasan apabila dari SDM yang dimiliki juga ikut andil dalam kegiatan ini, dan ke ikut sertaan dosen dalam program diktis ini tidak cukup hanya dengan bermodal status sebagai dosen saja, tetapi juga memerlukan kemampuan dan kecakapan yang khusus agar bisa lulus dalam seleksi penelitian ini. Dari hasil seleksi tersebut, STAIMU Pamekasan telah membuktikan kualitas SDM-nya kepada publik. Bapak Abd Ghani selaku dosen sekaligus ketua prodi PAI STAI Miftahul Ulum dinyatakan lulus seleksi sebagai dosen peneliti pemula dibidang filologi.

Abd Ghani adalah satu-satunya dosen Pendidikan Agama Islan yang mengangkat filologi dalam penelitiannya, dan judul yang di angkat adalah “tasawuf dalam naskah kitab qishasul ambiya’: sunting teks dan analisis isi”. Meski banyak dari kalangan peneliti senior yang menyayangkan, karena judul penelitian tersebut tidak linier dengan disiplin keilmuan yang di miliki,- namun hal itu tidak dapat mematahkan tekad dan semangat Kang Ghanie (panggilan akrabnya). Ia yakin, bahwa hasil dari penelitiannya tidak akan mengecewakan pembaca secara umum. Ia juga menjelaskan, keyakinan yang di pegangnya bukan tampa alasan. Ia mendapat apresiasi yang sangat berharga dari Prof. Askar Salim pada saat mempresentasikan proposalnya di salah satu hotel bintang lima Bandung. Dan usai presentasi, Prof. Askar langsung mengatakan; “bahwa dosen yang memiliki keilmuan luas adalah mereka yang berani meneliti diluar disiplin keilmuannya, seperti halnya dosen PAI yang meneliti filologi,- baru luar biasa. Dan ini terjadi pada Abd Ghani selaku dosen di STAI Miftahul Ulum Pamekasan.”

Pernyataan dari profesor tersebut di jadikan pegangan oleh Abd Ghani untuk terus memompa semangatnya dalam meneliti. Dan pada 05 Desember 2016, ia telah menyelesaikan penelitiannya dengan baik serta mempresentasikannya pada acara seminar dan evaluasi hasil penelitian yang di adakan oleh Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI di hotel Ibis Surabaya. Dalam seminar tersebut, ada cloossing statement yang menarik dari beliau: “menulislah, sebab kata bisa saja hilang dan terlupakan, sementara tulisan masih bisa kita baca.” Tentu pesan ini tidak hanya untuk audiens yang hadir saat itu, melainkan kepada para akademisi dan penulis serta peneliti di seluruh pelosok Indonesia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close