Sebagai upaya mengembangkan keilmuan Dosen PAI STAIMU Pamekasan, Ahad (11/11/2018), Ketua Program Studi (Kaprodi) PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIMU) Pamekasan, Abd. Ghani, mengadakan pertemuan tertutup dengan Ahmad Masrukin selaku Kaprodi PAI Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri di sela-sela agenda KPAIS yang diselenggarakan Kopertais IV Surabaya di IAI Al-Khairat Pamekasan.

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Berangkat dari latar belakang minimnya dosen PAI yang melakukan penelitian kolaboratif (lintas perguruan tinggi) bidang pendidikan, maka kedua prodi ini sepakat untuk mendorong para dosennya agar selalu aktif melakukan penelitian, khususnya bidang pendidikan.

‚ÄúDalam¬†melakukan penelitian, dosen kita sering kali melenceng dari konsentrasi prodinya, yang seharusnya meneliti pendidikan, mereka justru meneliti keislaman,” ugkap Masrukin, sesaat setelah pertemuan.

Kang Ghani, sapaan akrab Abd. Ghani, menambahkan, penting bagi Kaprodi mengapresiasi dosennya supaya konsen dalam penelitian pendidkan, mengingat belakangan ini sangat banyak problematika pendidikan yang kita hadapi.

“Ini kemudian Prodi PAI STAIMU menawarkan kerja sama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Alhamdulillah, Kaprodi IAIT Kediri menyambut dengan baik,” imbuhnua.

Pertemuan ini melahirkan piagam kerjasama dan beberapa kesepakatan tertulis dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman yang ditandatangani kesua Kaprodi tersebut.

Masrukin berharap, adanya kerjasama ini tidak hanya dijadikan sebagai proses pengembangan ilmu, melainkan menjadi ikatan silaturahim yang terus berlanjut.

Selain itu, Kang Ghani meghimbau kepada seluruh dosen PAI STAIMU agar mampu menjaga hubungan baik ini dengan memberikan yang terbaik dari hasil penelitiannya nanti. Ia juga akan terus bkordinasi dengan Pembantu Ketua (PK) 1 dan PK 2 dalam hal pendanaan yang akan dikeluarkan sebagai biaya dalam penelitian. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *