Pamekasan — Sebanyak 15 mahasiswa Progran Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (HKI) STAI-MU mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama (PA) Pamekasan, Senin-Jumat (11-15/11/2019).

Dalam program tersebut, para mahasiswa itu disambut H. Mat Busiril, Panitera Pengadilan Agama Pamekasan. Ia juga membuka acara penyambutan kedatangan mahasiswa yang akan melaksanakan praktikum peradilan tersebut.

Moh. Subhan, Kaprodi HKI mengatakan, PPL di pengadilan merupakan mata kuliah keahlian bagi mahasiswa Jurusan Syari’ah Prodi HKi yang dilaksanakan pada semester VII dengan bobot 3 SKS.

“Secara praktis, memberikan pengalaman praktis pada mahasiswa tentang proses penyelesaian perkara mulai dari penerimaan berkas sampai keputusan perkara di pengadilan, sehingga keilmuan mahasiswa tidak sebatas ilustrasi teori semata. Secara ilmiah, akan menambah perbendaharaan ilmu yang tidak didapatkan di bangku kuliah,” papar Subhan.

Secara sosial, lanjut Subhan, mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga yang terampil di bidang hukum, sehingga mampu mendampingi, mengarahkan dan memberikan solusi bagi masyarakat yang hendak menyelesaikan perkara di Pengadilan.

“Harapan kami selaku Kaprodi, bahwa pelaksanaan PPL di pengadilan ini benar-benar bisa menjadi bekal dan menambah keilmuwan bagi mahasiswa HKI agar kelak bisa meneruskan perjuangan Rasulullah melalui bidang hukum,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *