Berita

Lepas Pisah KPM Posko VI, Dihadiri Sekretaris BP3M

Pamekasan — Lepas-pisah peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI-MU) Pamekasan akademik 2019-2020 Posko VI dihadiri oleh Sekretaris Badan Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (BP3M), Rabu (12/02/2020), di kediaman H. Fahat, Dusun Sekolaan, Desa Kaduara Barat, Larangan, Pamekasan.

Dalam acara yang dirangkai dengan pelantikan pengurus Pimpinan Ranting (PR) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Desa Kaduara Barat ini, Hernanto selaku Sekretaris BP3M mengungkapkan, program KPM ini sama halnya dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Cuma karena STAI-MU Pamekasan merupakan kampus berlatar belakang pesantren, maka menggunakan istilah KPM

“Karena istilah KKN sering diidentikkan dengan Korupsi, Kolusi dan nepotisme. Sehingga kalau di dunia pesantren (menggunakan istilah) mengabdi kepada masyarakat,” kelakarnya.

Founding father kita, Ki Hajar Dewantara mengatakan, ada tiga pusat pendidikan. Salah satunya pendidikan formal, dan saat ini mahasiswa kami yang sedang berproses di perguruan tinggi STAIMU Pamekasan secara teori mereka berkualitas, tetapi bentuk implementasi untuk kehidupan masyarakat belum mereka miliki,” tambahnya.

KPM ini, lanjut Hermanto, merupakan salah satu program sekaligus salah satu syarat yang harus diikuti oleh mahasiswa agar dapat menyandang gelar sarjana. Di lingkungan perguruan tinggi, pengabdian ini termasuk dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi: pendidikan pembelajaran, penelitian sebagai proses mendapatkan gelar sarjana, dan pengabdian.

“Suatu kebanggaan bagi kami, karena mahasiswa KPM telah menjadi inisiator terbentuknya Fatayat NU Kaduara Barat,” ucap pria kelahiran Sumenep itu.

Sementara itu, Latif selaku Koordinator Desa (Kordes) Posko VI, dalam sambutannya meminta maaf kepada seluruh masyarakat desa setempat jika ia bersama rekan-rekannya selama KPM melakukan hal-hal yang kurang berkenan dan bertentangan dengan tradisi masyarakat.

“Kami bersama sahabat peserta KPM Posko VI merasa sangat senang dan nyaman ditempatkan di Desa Kaduara barat ini, dengan menjalankan salah satu proses dari perguruan tinggi kami,” ujarnya. (Rudy)

Show More

Humas

Bagian dari struktur organisasi kampus yang konsen pada strategi komunikasi publik, hubungan dan pengelolan media, serta bertugas menyampaikan informasi mengenai kampus kepada stakeholder yang terkait dan kepada khalayak yang lebih luas.

Related Articles

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close