Pamekasan — Berbagai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dilakukan oleh mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyrakat (KPM) STAIMU Pamekasan.

Peserta KPM Posko 08 yang bertempat di Desa Duko Timur, Larangan, Pamekasan, Kamis siang (16/01/2020) bersama masyarakat dan Dinas Pertanian Kecamatan Larangan turun langsung guna mengantisipasi penyebaran hama dan membasmi hama tanaman yang meresahkan para petani di Dusun Sakolaan desa setempat.

Tamsil menuturkan, kegiatan turun lapangan (Turlap) bersama para warga dan petugas pertanian ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan jajaran pengurus kelompok tani di desa tersebut, Rabu malam (15/01/2020).


Dalam kegiatan tersebut, Yuli Astutik, Penyluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kecamatan Larangan memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang jenis-jenis hama pengganggu tanaman serta petunjuk teknis pembasmiannya menggunakan insektesida.

Usai mendapatkan penjelasan dan petunjuk teknis, masyarakat didampinggi peserta KPM turun langsung ke ladang dan menyemprotkan insektisida guna mencegah dan membasmi hama tanaman jagung.

Selain mencegah dan membasmi hama tanaman jagung, pada kesempatan tersebut petugas pertanian juga memberikan insektisida hama tanaman pohon pisang. (Zainal)

Leave a Reply

Your email address will not be published.